Breaking News

Saturday 1 September 2018

Tipe-Tipe Kepemimpinan

Tipe-Tipe Kepemimpinan
            Pemimpin dalam melaksanakan proses kepemimpinannya memiliki perbedaan antara pemimpin yang satu dengan pemimpin yang lainnya. Terry dalam Suwatno dan Priansa (2016:156) mengemukakan tipe-tipe kepemimpinan, sebagai berikut:
1.        Kepemimpinan Pribadi (Personal Leadership)
Pimpinan mengadakan hubungan langsung dengan bawahannya, sehingga timbul hubungan pribadi yang intim.
2.        Kepemimpinan Non-Pribadi (Non-Personal Leadership)
Pimpinan tidak mengadakan hubungan langsung dengan bawahannya, sehingga antara atasan dan bawahan tidak timbul kontak pribadi.
3.        Kepemimpinan Otoriter (Authoritarian Leadership)
Pimpinan memperlakukan bawahannya secara sewenang-wenang, karena menganggap diri orang paling berkuasa, bawahannya digerakkan dengan jalan paksa, sehingga para pekerja dalam melakukan pekerjaannya bukan karena ikhlas melakukan pekerjaannya, melainkan karena takut.
4.        Kepemimpinan Kebapakan (Paternal Leadership)
Pimpinan memperlakukan bawahannya seperti anak sendiri, sehingga para bawahannya tidak berani mengambil keputusan, segala sesuatu yang pelik diserahkan kepada pimpinan untuk menyelesaikannya.
5.        Kepemimpinan Demokratis (Democratic Leadership)
Pimpinan selalu mengadakan musyawarah dengan para bawahannya untuk menyelesaikan pekerjaannya yang sukar, sehingga para bawahannya merasa dihargai pikirannya dan pendapatnya serta mempunyai pengalaman yang baik di dalam menghadapi segala persoalan yang rumit.
6.        Kepemimpinan Bakat (Indigenous Leadership)
Pimpinan dapat menggerakkan bawahannya karena mempunyai bakat untuk itu, sehingga para bawahannya senang untuk mengikutinya, jadi tipe ini lahir karena pembawaannya sejak lahir seolah-olah ditakdirkan untuk memimpin dan diikuti oleh orang lain.

No comments:

Post a Comment

Designed By Restu Ilahi