Fungsi
Disiplin Kerja
Setiap pegawai perlu
menerapkan disiplin kerja. Karena disiplin menjadi persyarat bagi pembentukan
sikap, perilaku, dan tata kehidupan yang membuat para pegawai mendapat
kemudahan dalam bekerja dan mendukung usaha pencapaian tujuan. Pendapat
tersebut diperkuat oleh pernyataan Tulus Tu’u dalam Hartatik (2014:186) yang
mengemukakan beberapa fungsi disiplin yaitu menata kehidupan bersama, membangun
kepribadian, melatih kepribadian, hukuman, dan menciptakan lingkungan kondusif.
1. Menata
Kehidupan Bersama
Disiplin
berfungsi mengatur kehidupan bersama, dalam suatu kelompok tertentu atau
masyarakat. Dengan begitu, hubungan yang terjalin antar individu satu dengan
lainnya lebih baik dan lancar.
2. Membangun
Kepribadian
Disiplin
juga dapat membangun kepribadian seorang pegawai. Lingkungan yang memiliki
disiplin tinggi sangat berpengaruh terhadap kepribadian seseorang. Lingkungan
organisasi yang memiliki keadaan yang tenang, tertib, dan tentram, sangat
berperan dalam membangun kepribadian yang baik.
3. Melatih
Kepribadian
Disiplin
merupakan saran untuk melatih kepribadian pegawai agar senantiasa menunjukkan
kinerja yang baik. Sikap, perilaku, dan pola kehidupan yang baik dan
berdisiplin terbentuk melalui satu proses yang panjang. Salah satu proses untuk
membentuk kepribadian tersebut dilakukan melalui latihan. Latihan dilaksanakan
bersama antarpegawai, pimpinan, dan seluruh personel yang ada didalam organisasi
tersebut. Pada awalnya, mungkin disiplin dapat dilakukan dengan pemaksaan.
Namun, karena adanya pembiasaan dan proses latihan yang terus-menerus, maka
selanjutnya disiplin akan dilakukan atas kesadaran sendiri dan dirasakan
sebagai kebutuhan dan kebiasaan. Disiplin bukan hanya soal mengikuti dan
menaati peraturan, melainkan sudah meningkat menjadi disiplin berpikir yang
mengatur dan mempengaruhi seluruh aspek kehidupannya.
4. Hukuman
Disiplin
yang disertai ancaman dan sanksi atau hukuman sangat penting, karena dapat
memberikan dorongan kekuatan untuk menaati dan mematuhinya. Tanpa ancaman
hukuman, dorongan ketaatan dan kepatuhan dapat menjadi lemah, serta motivasi
untuk mengikuti aturan yang berlaku menjadi berkurang.
5. Menciptakan
Lingkungan Kondusif
Fungsi disiplin kerja
adalah membentuk sikap, perilaku, dan tata kehidupan berdisiplin di dalam
lingkungan di tempat seseorang itu berada, termasuk lingkungan kerja, sehingga
tercipta suasana tertib dan teratur dalam pelaksanaan pekerjaan.
No comments:
Post a Comment