Breaking News

Saturday 1 September 2018

Jenis-Jenis Kepemimpinan

Jenis-Jenis Kepemimpinan
            Di dalam melaksanakan proses kepemimpinannya setiap pemimpin memiliki perbedaan dalam menerapkan jenis kepemimpinannya. Menurut Suwatno dan Priansa (2016:157) mengemukakan beberapa jenis kepemimpinan, yaitu:
1.        Kepemimpinan Transaksional
Kepemimpinan ini berfokus pada transaksi antar pribadi, antara manajemen dan karyawan, dua karakteristik yang melandasi kepemimpinan transaksional, yaitu:
a.         Para pemimpin menggunakan penghargaan kontigensi untuk memotivasi para karyawan.
b.        Para pemimpin melaksanakan tindakan korektif hanya ketika para bawahan gagal mencapai tujuan kinerja.
2.        Kepemimpinan Karismatik
Kepemimpinan ini menekankan perilaku pemimpin yang simbolis, pesan-pesan mengenai visi dan memberikan inspirasi, komunikasi non verbal, daya tarik terhadap nilai-nilai ideologis, stimulasi intelektual terhadap para pengikut oleh pemimpin, penampilan kepercayaan diri sendiri dan untuk kinerja yang melampaui panggilan tugas.
3.        Kepemimpinan Visioner
Kepemimpinan ini merupakan kemampuan untuk menciptakan dan mengartikulasikan suatu visi yang realistis, dapat dipercaya, atraktf dengan masa depan bagi suatu organisasi atau unit organisasi yang terus tumbuh dan meningkat.
4.        Kepemimpinan Tim
Menjadi pemimpin efektif harus mempelajari keterampilan seperti kesabaran untuk membagi informasi, percaya kepada orang lain, menghentikan otoritas dan memahami kapan harus melakukan intervensi

No comments:

Post a Comment

Designed By Restu Ilahi