MARKETING MIX XIAOMI
Daftar Isi
Bab I
Pada Era Generasi Millennial sekarang ini, teknologi
memang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan manusia. Salah satu manfaat dari
perkembangan teknologi adalah memudahkan kehidupan manusia dalam melakukan
aktifitas. Smartphone adalah salah satu contoh nya dengan smartphone kita dapat
melakukan banyak hal, seperti berkomunikasi ataupun hal lainya. Hal ini yang
menyebabkan para pengembang smartphone semakin berlomba –lomba untuk membuat
inovasi baru yang mampu memenuhi kebutuhan masyarakat
Pengguna
smartphone dimasyarakat saat ini sangat luas bahkan hampir disetiap tempat, hal
ini dikarenakan smartphone telah menjadi salah satu kebutuhan masyarakat, namun
munculnya inovasi dan fitur-fitur baru membuat harga smartphone semakin mahal
sehingga smartphone sulit di beli oleh masyarakat menengah kebawah.
Xiaomi untuk pertamakalinya
memperkenalkan MIUI yang berbasis Sistem Operasi Android. Smartphone baru yang
dibekali spesifikasi mewah dengan harga yang relatif murah sehingga juga bisa
dapat dibeli oleh masyarakat menengah kebawah. Dan hal ini yang menyebab kan
penulis untuk membahas Xiaomi sebagai smartphone berspesifikasi menengah keatas
dengan harga menengah kebawah pada makalah ini.
Menurut Kotler & Armstrong
(1997:48), “Bauran pemasaran atau marketing mix adalah perangkat alat
pemasaran taktis yang dapat dikendalikan, produk, harga, distribusi, dan
promosi yang dipadukan oleh perusahaan untuk menghasilkan respons yang
diinginkan dalam pasar sasaran”.
“Marketing mix adalah strategi mengkombinasikan
kegiatan-kegiatan marketing, agar
tercipta kombinasi maksimal sehingga memunculkan hasil paling memuaskan”. (Alma, 2005:205)
Sumarmi dan Soeprihanto
(2010:274) menjelaskan, “Marketing mix adalah kombinasi dari variabel atau
kegiatan yang merupakan inti dari sistem pemasaran yaitu produk, harga,
promosi, dan distribusi. Dengan kata lain marketing mix adalah kumpulan dari variabel yang
dapat digunakan oleh perusahaan untuk dapat mempengaruhi tanggapan konsumen”.
Pengertian
produk ( product ) menurut Kotler & Armstrong,
(2001: 346) adalah segala sesuatu yang dapat ditawarkan kepasar untuk mendapatkan
perhatian, dibeli, digunakan, atau dikonsumsi yang dapat memuaskan
keinginan atau kebutuhan.
Menurut Martin L. Bell
dalam Basu Swasta dan Irawan (1990:349) promosi adalah semua jenis
kegiatan pemasaran yang ditujukan untuk mendorong permintaan. Sedangkan menurut
William G.. Nikels dalam bukunya Basu
Swasta dan Irawan (1990:349) promosi adalah arus informasi atau persuasi satu arah yang dibuat untuk mengarahkan seseorang atau organisasi kepada tindakan yang menciptakan
pertukaran dalam pemasaran.
Definisi harga menurut Kotler dan
Armstrong (2001: 439) adalah sejumlah uang yang dibebankan atas suatu produk
atau jasa, atau jumlah dari nilai yang ditukar konsumen atas manfaat-manfaat
karena memiliki atau menggunakan produk atau jasa tersebut.
Tempat dalam marketing mix biasa
disebut dengan saluran distribusi, saluran dimana produk tersebut sampai kepada
konsumen. Definisi dari Sumarni dan Soeprihanto (2010:288) tentang saluran distribusi adalah, “Saluran yang digunakan
oleh produsen untuk menyalurkan produk tersebut dari produsen sampai ke
konsumen atau industri pemakai”
BAB
III
Xiaomi merupakan perusahaan swasta
yang baru berdiri kurang dari 6 tahun dan merupakan kompetitor kuat yang akan
menggulingkan perusahaan - perusahaan besar elektronik. Xiaomi dimiliki oleh
swasta milik pribadi seorang berasal dari Tiogkok dan berkantor pusat di
Beijing Cina. Berdiri pada 2010 Xiaomi menjadi perusahaan besar dan menjadi
salah satu perusahaan terkemuka di Tiongkok. Bahkan Xiaomi menjadi produsen
paling laris ke tiga di dunia dalam penjualan smartphone. Berawal pada agustus
2011 awal Xiaomi merilis ponsel cerdas petamanya yang mendapat respon bagus di
daratan Tiongkok Xiaomi yang dipimpin oleh Lei Jun memperluas pangsa pasar ke
luar daratan Tiongkok. Lei Jun sendiri termasuk dalam orang ke 23 terkaya di
Tiongkok menurut Forbes. Perusahaannya kemudian berkembang pesat hingga
sekarang memiliki saham lebih dari 10 miliar USD dan memiliki karyawan lebih
dari 5000 karyawan dari berbagai negara.
Pengambilan nama Xiaomi sendiri berasal dari Bahasa Mandarin yang memiliki arti Beras Kecil. Menurut Lei Jun sendiri nama Xiaomi memiliki arti sangat besar. Xiao berarti sebutir beras dalam konsep Buddha sama besarnya seperti Gunung dan Mi sendiri singkatan dari Mobile Internet atau juga bisa disebut Mission Imposibble karena pendirinya sendiri mendapatkan banyak masalah ketika mendirikan Xiaomi hingga terlihat mustahil untuk diselesaikan.
Pengambilan nama Xiaomi sendiri berasal dari Bahasa Mandarin yang memiliki arti Beras Kecil. Menurut Lei Jun sendiri nama Xiaomi memiliki arti sangat besar. Xiao berarti sebutir beras dalam konsep Buddha sama besarnya seperti Gunung dan Mi sendiri singkatan dari Mobile Internet atau juga bisa disebut Mission Imposibble karena pendirinya sendiri mendapatkan banyak masalah ketika mendirikan Xiaomi hingga terlihat mustahil untuk diselesaikan.
Xiaomi sendiri memiliki firmware
sendiri bernama MIUI yang diluncurkan pada tanggal 16 agustus 2010. Firmware
ini ditanamkan pada ponsel pertamanya yaitu Mi 1 dengan firmware MIUI yang
hampir menyerupai Touchwis samsung dan juga iOS dari Apple. Kemudian di tahun -
tahun berikutnya Xiaomi meluncuran gadget - gadget terbaru dari Mi 2, Mi Note
Pro sampai tablet Mi Pad yang diluncurkan pada maret 2014. Meurut International
Data Corporation (IDC) Xiaomi berada di urutan ke 3 di bawah Samsung yang
merajai ponsel dan peringkat kedua diambil Apple. Sedangkan peringkat ke 4 dan 5
berturut - turut ditempati Lenovo dan LG.
Xiaomi merupakan
smartphone berkualitas bagus dengan harga yang murah. Walaupun memiliki harga
yang murah tapi bukan berarti xiaomi tidak memiliki kualitas yang bagus. Harga
xiaomi lebih rendah dibanding dengan dua pesaing paling besar mereka yaitu
Apple dan Samsung. Menyajikan smartphone dengan ponsel yang berkualitas bagus
dan murah membuat xiaomi menjadi smartphone terlaris di Negara asalnya yaitu
china. Ponsel ini terdiri dari Case Robust kualitas bagus , mempunyai resolusi
layar yang tinggi, dan berjalan pada Sistem Operasi berbasis Android yang
disebut MIUI. Smartphone ini memiliki fitur khusus dibanding dengan ponesl
android standar lainya dan memiliki pilihan untuk customisasi dan inilah yang
menjadi salah satu kunci terbesar sukses xiaomi saat ini.
Berikut perbandingan Harga Produk XIAOMI Redmi 3S dengan Oppo A57 :
Perbandingan
|
Xiaomi Redmi 3S
|
Oppo A57
|
RAM
|
3GB
|
3GB
|
Memori Internal
|
32GB
|
32GB
|
Baterai
|
4100 mAh
|
2900 mAh
|
Harga
|
Rp. 1.600.000
|
Rp 2.600.000
|
Xiaomi menjual harga
yang murah dan menawarkan produk yang berkualitas tinggi, hal ini disebabkan
karena minimnya promosi yang dilakukan sehingga Xiaomi tidak perlu mengeluarkan
biaya untuk iklan maka mereka bisa menekan harga jual produk. Xiaomi lebih
fokus menjual smartphone dengan harga yang
murah hari tujuan nya untuk memperluas market share. Selain itu Xiaomi juga
melakukan kerja sama strategis dengan Qualcomm, kerja sama ini memungkinkan
Xiaomi mendapat harga prosesor yang jauh lebih murah.
Menjual smartphone
dengan harga yang rendah merupakan salah satu startegi yang dilakukan Xiaomi
untuk memperluas Market Share mereka. Selain itu Xiaomi juga menerapkan system
penjualan cepat atau Flash Sale, untuk menjual produk mereka dalam jumlah yang terbatas,
metode Flash Sale Xiaomi dinilai efektif menekan biaya pemeliharaan dan juga
gudang penyimpanan. Dengan begitu semua produk yang dibuat tidak akan menumpuk,
sehingga tidak adanya produk yang tidak terjual. Dan metode terakhir yang
dilakukan Xiaomi adalah Social Selling atau memanfaatkan social media sebagai
sarana untuk menemukan calon pembeli mereka. Selain itu xiaomi juga
memanfaatkan social media untuk berinteraksi langsung dengan fans mereka.
Untuk mencapai tujuan penjualan produk nya Xiaomi mampu membaca pasar pasar dengan baik, Selain dipasarkan
dinegara asalnya di China Xiaomi juga memperluas pasar nya ke 11 negara yang
berbeda yaitu Malaysia, Singapura, Filipina, India, Indonesia, Thailand,
Vietnam, Rusia, Turki, Brasil dan Meksiko. Tetapi fokus utama mereka masih
berada di China dimana basis komsumen terbesar mereka berada
No comments:
Post a Comment