Breaking News

Thursday 18 January 2018

MAKALAH MARKETING MIX XIAOMI

MARKETING MIX XIAOMI 


Daftar Isi


                  a.      Pengertian Marketing Mix. 4
                  b.      Pengertian Produk. 4
                  c.      Pengertian Promosi 4
                  d.      Pengertian Price. 5
                  e.      Pengertian Place. 5
                 a.      Product. 7
                 b.      Price. 8
                 c.      Promotion. 8
                 d.      Place. 9







Bab I




Pada Era Generasi Millennial sekarang ini, teknologi memang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan manusia. Salah satu manfaat dari perkembangan teknologi adalah memudahkan kehidupan manusia dalam melakukan aktifitas. Smartphone adalah salah satu contoh nya dengan smartphone kita dapat melakukan banyak hal, seperti berkomunikasi ataupun hal lainya. Hal ini yang menyebabkan para pengembang smartphone semakin berlomba –lomba untuk membuat inovasi baru yang mampu memenuhi kebutuhan masyarakat
            Pengguna smartphone dimasyarakat saat ini sangat luas bahkan hampir disetiap tempat, hal ini dikarenakan smartphone telah menjadi salah satu kebutuhan masyarakat, namun munculnya inovasi dan fitur-fitur baru membuat harga smartphone semakin mahal sehingga smartphone sulit di beli oleh masyarakat menengah kebawah.
            Xiaomi untuk pertamakalinya memperkenalkan MIUI yang berbasis Sistem Operasi Android. Smartphone baru yang dibekali spesifikasi mewah dengan harga yang relatif murah sehingga juga bisa dapat dibeli oleh masyarakat menengah kebawah. Dan hal ini yang menyebab kan penulis untuk membahas Xiaomi sebagai smartphone berspesifikasi menengah keatas dengan harga menengah kebawah pada makalah ini.
           




Menurut Kotler & Armstrong (1997:48), “Bauran pemasaran atau marketing mix adalah perangkat alat pemasaran taktis yang dapat dikendalikan, produk, harga, distribusi, dan promosi yang dipadukan oleh perusahaan untuk menghasilkan respons yang diinginkan dalam pasar sasaran”.
 “Marketing mix adalah strategi mengkombinasikan kegiatan-kegiatan marketing, agar tercipta kombinasi maksimal sehingga memunculkan hasil paling memuaskan”. (Alma, 2005:205)
Sumarmi dan Soeprihanto (2010:274) menjelaskan, “Marketing mix adalah kombinasi dari variabel atau kegiatan yang merupakan inti dari sistem pemasaran yaitu produk, harga, promosi, dan distribusi. Dengan kata lain marketing mix  adalah kumpulan dari variabel yang dapat digunakan oleh perusahaan untuk dapat mempengaruhi tanggapan konsumen”.




Pengertian produk ( product ) menurut Kotler & Armstrong, (2001: 346)  adalah  segala  sesuatu  yang  dapat  ditawarkan  kepasar  untuk mendapatkan perhatian, dibeli, digunakan, atau dikonsumsi yang dapat memuaskan keinginan atau kebutuhan.


Menurut Martin L. Bell dalam Basu Swasta dan Irawan (1990:349) promosi adalah semua jenis kegiatan pemasaran yang ditujukan untuk mendorong permintaan. Sedangkan menurut William G.. Nikels  dalam  bukunya  Basu Swasta dan Irawan (1990:349)  promosi adalah  arus  informasi  atau  persuasi  satu  arah  yang  dibuat untuk mengarahkan   seseorang   atau   organisasi   kepada   tindakan   yang menciptakan pertukaran dalam pemasaran.


Definisi harga menurut Kotler dan Armstrong (2001: 439) adalah sejumlah uang yang dibebankan atas suatu produk atau jasa, atau jumlah dari nilai yang ditukar konsumen atas manfaat-manfaat karena memiliki atau menggunakan produk atau jasa tersebut.


Tempat dalam marketing mix biasa disebut dengan saluran distribusi, saluran dimana produk tersebut sampai kepada konsumen. Definisi dari Sumarni dan Soeprihanto (2010:288) tentang saluran distribusi adalah, “Saluran yang digunakan oleh produsen untuk menyalurkan produk tersebut dari produsen sampai ke konsumen atau industri pemakai”


BAB III




Xiaomi merupakan perusahaan swasta yang baru berdiri kurang dari 6 tahun dan merupakan kompetitor kuat yang akan menggulingkan perusahaan - perusahaan besar elektronik. Xiaomi dimiliki oleh swasta milik pribadi seorang berasal dari Tiogkok dan berkantor pusat di Beijing Cina. Berdiri pada 2010 Xiaomi menjadi perusahaan besar dan menjadi salah satu perusahaan terkemuka di Tiongkok. Bahkan Xiaomi menjadi produsen paling laris ke tiga di dunia dalam penjualan smartphone. Berawal pada agustus 2011 awal Xiaomi merilis ponsel cerdas petamanya yang mendapat respon bagus di daratan Tiongkok Xiaomi yang dipimpin oleh Lei Jun memperluas pangsa pasar ke luar daratan Tiongkok. Lei Jun sendiri termasuk dalam orang ke 23 terkaya di Tiongkok menurut Forbes. Perusahaannya kemudian berkembang pesat hingga sekarang memiliki saham lebih dari 10 miliar USD dan memiliki karyawan lebih dari 5000 karyawan dari berbagai negara.

        Pengambilan nama Xiaomi sendiri berasal dari Bahasa Mandarin yang memiliki arti Beras Kecil. Menurut Lei Jun sendiri nama Xiaomi memiliki arti sangat besar. Xiao berarti sebutir beras dalam konsep Buddha sama besarnya seperti Gunung dan Mi sendiri singkatan dari Mobile Internet atau juga bisa disebut Mission Imposibble karena pendirinya sendiri mendapatkan banyak masalah ketika mendirikan Xiaomi hingga terlihat mustahil untuk diselesaikan.
Xiaomi sendiri memiliki firmware sendiri bernama MIUI yang diluncurkan pada tanggal 16 agustus 2010. Firmware ini ditanamkan pada ponsel pertamanya yaitu Mi 1 dengan firmware MIUI yang hampir menyerupai Touchwis samsung dan juga iOS dari Apple. Kemudian di tahun - tahun berikutnya Xiaomi meluncuran gadget - gadget terbaru dari Mi 2, Mi Note Pro sampai tablet Mi Pad yang diluncurkan pada maret 2014. Meurut International Data Corporation (IDC) Xiaomi berada di urutan ke 3 di bawah Samsung yang merajai ponsel dan peringkat kedua diambil Apple. Sedangkan peringkat ke 4 dan 5 berturut - turut ditempati Lenovo dan LG.




Xiaomi merupakan smartphone berkualitas bagus dengan harga yang murah. Walaupun memiliki harga yang murah tapi bukan berarti xiaomi tidak memiliki kualitas yang bagus. Harga xiaomi lebih rendah dibanding dengan dua pesaing paling besar mereka yaitu Apple dan Samsung. Menyajikan smartphone dengan ponsel yang berkualitas bagus dan murah membuat xiaomi menjadi smartphone terlaris di Negara asalnya yaitu china. Ponsel ini terdiri dari Case Robust kualitas bagus , mempunyai resolusi layar yang tinggi, dan berjalan pada Sistem Operasi berbasis Android yang disebut MIUI. Smartphone ini memiliki fitur khusus dibanding dengan ponesl android standar lainya dan memiliki pilihan untuk customisasi dan inilah yang menjadi salah satu kunci terbesar sukses xiaomi saat ini.




Berikut perbandingan Harga  Produk XIAOMI Redmi 3S dengan Oppo A57 :

Perbandingan
Xiaomi Redmi 3S
Oppo A57
RAM
3GB
3GB
Memori Internal
32GB
32GB
Baterai
4100 mAh
2900 mAh
Harga
Rp. 1.600.000
Rp 2.600.000


Xiaomi menjual harga yang murah dan menawarkan produk yang berkualitas tinggi, hal ini disebabkan karena minimnya promosi yang dilakukan sehingga Xiaomi tidak perlu mengeluarkan biaya untuk iklan maka mereka bisa menekan harga jual produk. Xiaomi lebih fokus menjual smartphone  dengan harga yang murah hari tujuan nya untuk memperluas market share. Selain itu Xiaomi juga melakukan kerja sama strategis dengan Qualcomm, kerja sama ini memungkinkan Xiaomi mendapat harga prosesor yang jauh lebih murah.

Menjual smartphone dengan harga yang rendah merupakan salah satu startegi yang dilakukan Xiaomi untuk memperluas Market Share mereka. Selain itu Xiaomi juga menerapkan system penjualan cepat atau Flash Sale, untuk menjual produk mereka dalam jumlah yang terbatas, metode Flash Sale Xiaomi dinilai efektif menekan biaya pemeliharaan dan juga gudang penyimpanan. Dengan begitu semua produk yang dibuat tidak akan menumpuk, sehingga tidak adanya produk yang tidak terjual. Dan metode terakhir yang dilakukan Xiaomi adalah Social Selling atau memanfaatkan social media sebagai sarana untuk menemukan calon pembeli mereka. Selain itu xiaomi juga memanfaatkan social media untuk berinteraksi langsung dengan fans mereka.

Untuk mencapai tujuan penjualan produk nya Xiaomi mampu membaca   pasar pasar dengan baik, Selain dipasarkan dinegara asalnya di China Xiaomi juga memperluas pasar nya ke 11 negara yang berbeda yaitu Malaysia, Singapura, Filipina, India, Indonesia, Thailand, Vietnam, Rusia, Turki, Brasil dan Meksiko. Tetapi fokus utama mereka masih berada di China dimana basis komsumen terbesar mereka berada




No comments:

Post a Comment

Designed By Restu Ilahi